Wednesday, October 30, 2013

Manfaat Daun Sirih untuk obat

Gambar daun sirih hijau
Daun Sirih
Daun Sirih
Daun sirih ( nama latin : Piper Betle  jawa : Suruh merupakan tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaatnya, daun sirih ini sudah tidak asing lagi dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional / herbal.
Daun sirih mempunyai kandungan,  antioksidasi dan fungisida , minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, anti jamur dll.
Manfaat daun sirih
Dengan kandungan yang begitu banyak, daun sirih merupakan sumber obat yang bisa digunakan untuk berbagai macam penyakit, baik penyaki t dalam maupun penyakit luar, berikut beberapa khasiat daun sirih yang sudah sangat populer :
       -Daun sirih bisa digunakan untuk mengobati mimisan, yaitu pengeluaran darah dari hidung, caranya dengan melumat daun sirih terus disumbatkan pada lubang hidung.
          -- Untuk mengobati batuk, caranya dengan merebus daun sirih secukupnya kemudian air rebusan daun sirih diminum, bisa dicampur madu.
-     --Untuk mengobati Jerawat, caranya dengan menumbuk air sirih kemudian dicampur air dan airnya untuk mencuci muka. Lakukan beberapa kali pagi dan sore.
      -- Mengobati bisulan, caranya dengan menumbuk daun sirih kemudian dioleskan pada bisul.
      -- Untuk mengobati Keputihan, caranya rebus daun sirih secukupnya dan air rebusan dipakai untuk mencuci kemaluan, lakukan sehari dua kali.
     -- Untuk menghilangkan bau badan, caranya : daun sirih direbus secukupnya air rebusa diminum, bisa dicampur gula aren.

Demikian sebagian dari  khasiat daun sirih, semoga bermnfaat.
Namun kita sebagai makhluk tuhan apa dan bagaimanapun jangan lupa berdoa, karena hakekat yang bisa menyembuhkan penyakit adalah Tuhan. Kalaupun dengan obat atau media perantara itu sifatnya sebagai lantaran.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...