Sunday, December 8, 2013

Manfaat Ciplukan Untuk Bermacam Penyakit


Manfaat dan khasiat tumbuhan ciplukan
Daun Ciplukan
Manfaat dan Khasiat Tumbuhan cipukan

Laboratorium Daun, Ciplukan merupakan tanaman kecil yang batangya banyak mengandung air hampir seperti tumbuhan bayam yang biasanya hidup dalam musiman, alias pendek umur. Tanaman ini di beberapa daerah masih bisa dijumpai, terutama diarea perkebunan. Lagi-lagi konon katanya buah ciplukan ini juga imigran dari Luar negeri, tepatnya dari daerah tropis amerika. Owalah Pendatang juga to,kapan-kapan kalau ketemu lagi tak tanyain,  masih punya passport gak ya??  

Manfaat Daun dan Pohon Ciplukan

Pohon ciplukan yang “unyu-unyu” ternyata punya banyak khasiat dan manfaatnya, dari beberapa referensi yang saya baca diataranya dari buku yang ditulis oleh Aisha Aranta, buku berjudul “ Pengobatan Herbal dan Pijat Refleksi, cara mudah hidup sehat” disana dijelaskan bahwa daun ciplukan mempunyai kekuatan dahsyat yang alami untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya khasiatnya yang wah dari daun ciplukan  tersebut adalah untuk analgetik, peuru air seni, penetral racun, pereda batuk, serta merangsang dan mengaktifkan fungsi kelenjar dalam tubuh. Wah-wah emang top markotop si daun unyu-unyu ini..
Masih dari sumber yang sama, dijelaskan bahwa untuk menjadikan daun ciplukan sebagai obat yang bermacam-macam  tersebut tadi dengan cara merebusnya untuk kemudian diambil sarinya dan diminum.
Daun ciplukan yang  bisa menyembuhkan berbagai penyakit tersebut, dalam sumber lain juga menyebutkan bahwa daun  ciplukan yang dalam bahasa latinya physalis angulata ini bisa menyembuhkan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut dll.

Khasiat Buah Ciplukan.

Buahnya yang bulat kecil berwarna kekuningan ini kalau matang, mempunyai rasa manis dan kecut pahit kalau belum matang, dulu ditempat mbahku sering dikebun dekat rumah metik buah ciplukan ini. Ternyata kandungan dalam buah ciplukan kalau dimakan langsung juga mempunyai manfaat sebagai obat epilepsy,sulit buang air kencing dan penyakit kuning. Wah pantesan kalau dulu stelah makan si cipluk ini hawanya pengen kencing,maklum lagian  makanya kebanyakan sih.

Manfaat Akar /Tumbuhan Ciplukan

Selain daun dan buahnya, akar ciplukan juga mempunyai khasiat yang sangat besar, yaitu sebagai obat penurun panas demam dan sebagai obat cacing, hayo yang cacingan..tapi walaupun akarnya bisa buat mengusir cacing tapi dalam prosesnya juga harus memertimbangkan kebersihan dan kebenaran, jangan lantas sobat cabut pohon ciplukan milik tetangga rumah terus akarnya dimakan mentah-mentah sambil jalan..nanti bisa-bisa malah cacinganya bertambah.
Itulah informasi yang LD bisa sajikan pada tulisan Manfaat daun cipukan kali ini, semoga bermanfaat. Memang sungguh Tuhan menciptakan apapun didunia ini pasti mempunyai manfaat, kalaupun ada yang belum kita ketahui manfaatnya karena belum adanya pengetahuan dan bodohnya kita saja.

lokasi tempat yang banyak ciplukan:




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...