Wednesday, October 23, 2013

Manfaat Sayur Bayam dan Kandungan Racunya

sayur bayam
manfaat sayur bayam

Daun Bayam
Bayam (Amaranthus ) merupakan jenis tumbuhan yang masuk dalam kategori sayur-sayuran, selain mempunyai penampilan yang hijau unyu-unyu bayam merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung air.  Sehingga sangat cocok dimasak sayur bening berkuah.  Namun juga ada yang mengkonsumsinya dengan ditumis, dijus atau bahkan baru-baru ini ada yang mengolah sayur bayam ini menjadi kripik bayam.
Aroma segar dan rasanya yang khas menjadikan sayuran ini banyak diminati. Selain rasa sayur bayam juga terkenal dengan berbagai kandungan vitamin, namun kira-kira kandungan apa saja yang terdapat dalam sayur bayam ini?.


Kandungan Vitamin sayur Bayam.
Bayam mengandung, Energi, Protein, Karbohidrat, Serat, Kalsium, Fosfor, Besi, Vitamin Vitamin B1,vitamin C.

Tekhnik Mengkonsumsi Sayur Bayam agar tidak MERACUNI
Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan menghindari berbagai sisi negative dari kandungan bayam maka sangat perlu mengetahui teknik terbaik untuk mengkonsumsinya. Karena sebagaimana yang saya sampaikan tadi bahwa kalau tidak tepat dalam mengkonsumsinya maka justru beberapa efek negatifnya berbahaya.
Zat besi dalam bayam yang berupa Fe2+ (ferro),kalau banyakberinteraksi dengan O2 (Oksigen), maka  Fe2+ dalam bayam berubah  menjadi Fe3+ (ferri).karena  ferri yang bersifat racun berbahaya untuk manusia. Sehingga dilarang memanaskan sayur bayam yang sudah dimasak. Sehingga baiknya sayur bayam harus dikomsumsi segera setelah dimasak, dan jangan lebih dari 5 jam, karena selain ferri ada zat nitrat (NO3),  jika teroksidasi dengan oksigen  menjadi NO2 (nitrit) yang bersifat senyawa,  tidak berwarna, tidak  juga berbau namun bersifat racun dan ini sangat berbahaya. (Disimpulkan dari artikel di permathic.blogspot.com)

Manfaat untuk Tubuh
Bayam yang mempunyai kandungan yang sangat banyak tersebut bisa untuk pengobatan penyakit, diataranya adalah :
--Menurunkan tekanan darah tinggi
--Mencegah Osteoporosis
--Mencegah Diabetes
--Meningkatkan kecerdasan
--Mencegah Anemia
--Meningkatkan kualitas penglihatan
--Mengobati Pendarahan Gusi
--Melawan Sel Kanker
--Sumber Anti-inflamasi
--Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
Dan masih banyak lagi manfaat dari bayam ini, ayo budayakan makan sayur bayam untuk kesehatan dan asupan gizi biar tubuh kita selalu sehat. Ayo ciptakan Indonesia Sehat sekarang Juga!!



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...